» » » » Taliban Tembak Jatuh Helikopter DUBES Indonesia.

Taliban Tembak Jatuh Helikopter DUBES Indonesia.

Penulis By on Sabtu, 09 Mei 2015 | No comments

MaviaNews, CNN Indonesia -- Duta besar RI untuk Pakistan, Burhan Muhammad dilaporkan akan dibawa ke ibu kota Pakistan, Islamabad, hari ini, Sabtu (9/5) antara pukul 06.00-07.30 pagi waktu setempat. Informasi tersebut diperoleh CNN Indonesia pada Sabtu dari Badan Intelijen Negara (BIN).
Jika sesuai jadwal dan kondisi cuaca tidak berubah, maka Duta Besar akan tiba di pangkalan udara militer Nur Khan di Islamabad pada pukul 08.00 pagi.

Bersama Dubes Burhan yang saat ini berada dalam kondisi kritis, akan dievakuasi pula jenazah Hery Listyawati, istrinya, yang menjadi korban tewas jatuhnya helikopter di Lembah Naltar, Pakistan pada Jumat (8/5) pagi. “Pemerintah Pakistan menyatakan setibanya di Islamabad, mengingat kondisi Burhan yang mengalami luka bakar cukup serius, beliau akan dirujuk ke salah satu rumah sakit berikut: Kharian Burn Unit (RS militer),Shifa International atau Pakistan Institute of Medical Scientist. Jenazah Hery juga akan ditempatkan di rumah sakit yang sama,” bunyi informasi tersebut.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Burhan menderita luka bakar yang mencapai 75 persen.
"Duta Besar Indonesia menderita 75 persen luka bakar dan dalam kondisi kritis," kata Menteri Luar Negeri Pakistan Aizaz Chaudhry dalam konferensi pers, dikutip dari media Pakistan, Tribune.news.pk, Jumat (8/5) malam.

Duta Besar Burhan, bersama Dubes Belanda untuk Pakistan, Marcel de Vink, dan Dubes Polandia untuk Pakistan, Andrzej Ananics, mengalami luka di bagian leher dan kepala, namun kondisi keduanya tidak kritis.
Sementara itu, pemulangan jenazah Hery akan dilakukan secepatnya setelah berkoordinasi dengan pemerintah setempat termasuk dengan pihak keluarga di Indonesia.

Informasi dari BIN juga menyebut bahwa Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif telah menugaskan Ahsan Iqbal, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Pakistan, untuk mendampingi pemulangan jenazah Ibu Dubes ke tanah air.
Korban tewas lainnya adalah Dubes Norwegia untuk Pakistan, Leif Larsen, Dubes Filipina untuk Pakistan, Domingo Lucenario, dan istri dari Dubes Malaysia untuk Pakistan, Habibah Mahmud.
Tiga warga negara Pakistan juga tewas, yaitu Mayor Faisal and Mayor Altamash yang menjadi pilot helikopter, serta 1 kru bernama Subaidar Zakir.

Helikopter MI-17 yang mereka tumpangi dilaporkan membawa total 17 orang, sebagian besar merupakan perwakilan negara. Mereka sedang dalam perjalanan menuju Gilgit-Baltistan untuk bertandang ke acara yang dihadiri oleh Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif, ketika helikopter itu jatuh di Lembah Naltar, 300 km di sebelah utara Islamabad(AgenPoker)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya