» » » » » » Tersangka Bom Boston Di Hukum Mati

Tersangka Bom Boston Di Hukum Mati

Penulis By on Jumat, 15 Mei 2015 | No comments

Tersangka Bom Boston Di Hukum Mati

MAVIA99
MAVIA99 ~Pelaku bom Boston maraton, Dzokhar Tsarnaev, dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan Amerika Serikat (AS) pada Jumat 15 Mei 2015. Tsarnaev dinyatakan bersalah atas ledakan bom di garis finis lomba maraton Boston pada 2013. Aksi pemuda itu menewaskan tiga orang dan melukai 264 lainnya.
 
Hakim negara bagian memutuskan, Tsarnaev akan dieksekusi dengan cara disuntik mati. Keputusan ini dijatuhkan melalui perundingan selama 15 jam. Sebelumnya, hakim memiliki opsi lain yaitu vonis penjara seumur hidup tanpa kemungkinan bebas.

Pemuda berusia 21 tahun itu menghadiri pengadilan dengan mengenakan jaket olahraga hitam dan kaus berwarna cerah. Dia terdiam tanpa ekspresi saat vonis dibacakan.

Sebagaimana diberitakan Reuters, Sabtu (16/5/2015), keputusan hukuman mati belum tentu dilaksanakan dalam waktu dekat. Kuasa hukum terdakwa berupaya mengulur waktu eksekusi hingga beberapa tahun.

Bulan lalu, Tsarnaev dinyatakan bersalah atas penanaman sepasang bom rakitan pada 15 April 2013 dan menembak seorang polisi. Insiden tersebut merupakan serangan terberat di AS sejak 11 September 2001.

Hukuman mati merupakan isu kontroversial di Massachussets. Dari jajak pendapat warga, mayoritas penduduk Boston menolak eksekusi Tsarnaev.

Selama 70 tahun, pengadilan negara bagian tersebut tidak pernah menjatuhkan hukuman mati. Namun, Tsarnaev sendiri diadili di bawah hukum federal yang mengizinkan hukuman suntik mati.




Baca Juga Artikel Terkait Lainnya